WELCOME ....

Seringkali perjuangan adalah sesuatu yang kita butuhkan dalam hidup ini. Jika Tuhan memperbolehkan kita melewati hidup ini tanpa cobaan, hal itu akan membuat kita lemah..

Minggu, 20 Mei 2012

Android dan Aplikasi Terbaiknya

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Operasi Android dan aplikasi terbaiknya. Sebelumnya saya akan jelaskan pengertian dan pengenalan mengenai Android itu sendiri. Android merupakan sistem operasi yang perkembangannya sangat masif dan cepat. Saat ini, android sudah identik dengan smartphone. Perkembangan aplikasi di android juga sangat cepat, bahkan tahun lalu setiap bulan ada lebih dari 10 ribu aplikasi ditambahkan untuk android. Yang membuat android semakin berkembang adalah sarana pendukungnya yang berkembang pula dengan pesat. Seperti perangkat kerasnya yang juga ikut berkembang dengan cepat. Sehingga keragaman fitur dari sistem operasi, hardware, dan operator, membuat semua orang semakin mendukung kemajuan android. 2.3.1.

 Konsep Sistem Operasi Android Sejarah sistem operasi Android dimulai sejak diumumkannya Open Handset Alliance di akhir tahun 2007. Sebenarnya ide untuk membuat sistem operasi open source untuk peranti embedded sudah ada sejak lama. Karena backing dari Google yang sangat agresiflah, maka Android bisa sangat terkenal hanya dalam beberapa tahun saja. Beberapa perusahaan telekomunikasi, kini mulai memiliki atau menawarkan perangkat android dalam produk – produknya. Tidak hanya ponsel, tapi perangkat lain seperti tablet, netbook, televisi, bahkan hingga ke peranti embedded di mobil memiliki sistem operasi android. Sebenarnya android pada awalnya tidak dikembangkan oleh google, tapi dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Android Inc. 

Karena google melihat banyaknya user yang online dengan perangkat mobile, maka google mengira bahwa perangkat mobile ini memiliki masa depan yang cerah. Sehingga Android Inc diakusisi oleh Google di tahun 2005. Pada waktu yang sama, Apple di tahun 2007 juga mengembangkan sebuah sistem operasi iOS untuk iPhone-nya dengan fitur – fitur yang sangat inovatif, seperti multitouch dan adanya open market untuk aplikasi. Android pun kemudian meniru fitur ini dan cepat beradaptasi untuk menambahkan fitur ini dan fitur tambahan lainnya, seperti programmer bisa punya kontrol yang lebih terhadap sistem operasi, dan multitasking. Android punya banyak tambahan yang cocok untuk dunia korporat, seperti exchange support, remote wife, dan Virtual Private Network (VPN). Ini mirip dengan BlackBerry yang dikembangkan oleh RIM. Dengan beragamnya peranti dan adaptasi, android berkembang pesat dan jumlah user-nya pun bertambah. Tapi bagi developer, ini juga berarti ada tantangan yang potensial. Karena aplikasi harus bisa adaptasi dengan ukuran layar dan resolusi yang berbeda, ada juga keyboard, sensor hardware, versi OS, konfigurasi sistem, dan kecepatan data wireless yang berbeda – beda. Tiap variasi dari aspek – aspek tersebut bisa menyebabkan munculnya perilaku yang tidak terprediksi. Namun mengecek satu – satu untuk variasi tersebut juga tidak memungkinkan. Karena jumlahnya yang sangat banyak. Karena itu, sejak awal Android sudah diatur agar bisa memiliki tampilan yang seragam, dan user experience yang sama di semua platform. Caranya dengan melakukan abstraksi pada perbedaan hardware. Sistem operasi Android menutup aplikasi dari modifikasi yang hardware-specific. Tapi di sisi lain juga memungkinkan fleksibilitas untuk melakukan tune up pada aspek yang diperlukan. Google menyediakan banyak kemudahan untuk pengembang software pihak ketiga, seperti plugin Android Development Tool (ADT) untuk Eclipse (dan juga tool standalone) termasuk di dalamnya kemampuan untuk logging secara realtime, emulator realistis yang menjalankan kode ARM native dan pelaporan error. 

Beberapa hal penting mengenai Android : 

• Android adalah sistem operasi embedded yang sangat bergantung pada kernel linux untuk layanan – layanan core-nya, tapi Android bukanlah linux embedded. Misalnya Android tidak mendukung utilitas standar linux, seperti X-Windows dan GNU C libraries tidak didukung. 
• Penulisan program untuk android applications mmenggunakan framework java, tapi ini bukanlah java. Karena library standar java seperti Swing, tidak didukung. Library lain seperti timer tidak disarankan, karena sudah diganti dengan library default dari android, yang dioptimalkan untuk penggunaan di lingkungan embedded yang terbatas. 
• OS android merupakan sistem operasi open source, artinya developer bisa melihat semua source code sistem, termasuk stack radio. Source code ini termasuk salah satu bahan belajar untuk melihat cara kerja android, terutama ketika kekurangan dokumentasi. Tapi android juga punya beberapa software proprietary yang tidak mungkin diakses oleh developer, seperti navigasi GPS. 

Untuk melihat aplikasi apa saja yang ada dalam market Android, dapat di akses di http://handphone-aksesoris.tokobagus.com/software-game-hp/1019-macam-macam-aplikasi-untuk-android-dijamin-lengkap-banget-gan-5954901.html

0 komentar:

Posting Komentar