WELCOME ....

Seringkali perjuangan adalah sesuatu yang kita butuhkan dalam hidup ini. Jika Tuhan memperbolehkan kita melewati hidup ini tanpa cobaan, hal itu akan membuat kita lemah..

Selasa, 22 Mei 2012

Tugas Laporan Buku



Judul Buku         : Ayo Marah  -  Buku Komplit Manajemen Marah
Penulis               : Irawati istadi
Penerbit             : Pustaka Inti

I.                    Latar Belakang Penulisan Buku  untuk dijadikan Laporan
Marah ibarat  kabut yang menyelimuti diri kita. Kabut yang menutupi pikiran, perasaan dan hati nurani. Kabut membutakan kebenaran dan memaksa diri kita untuk melakukan hal – hal mengerikan dan jauh dari kebaikan. Pernahkah terpikir seberapa buruk dampak kemarahan yang bisa kita timbulkan? Berapa besar energi yang akan tercurah untuk membuat kerusakan tersebut?
Apalagi jika kemarahan itu merupakan sebuah akumulasi yang telah sekian lama terpendam. Tertahan lama di lubuk hati dan ditutup rapat agar tidak meledak. Tinggal menunggu pemicu saja dan kemarahan yang amat besar akan pecah membuncah kemana – mana.
Siapapun yang sedang marah besar dan melampiaskan kemarahan sesuka hatinya, pasti akan sangat merugikan. Untuk dirinya sendiri, juga untuk orang dan lingkungan di sekitarnya. Orang yang kadar marahnya ringan pun pasti akan memberikan pengaruh yang sama. Dengan intensitas yang lebih kecil dan efek yang lebih ringan.
Buku ini membahas tuntas mengenai marah dan kemarahan,juga bagaimana menangani konflik di rumah, sekolah dan tempat kerja. Satu buku untuk kita semua yang ingin mengendalikan kemarahan dimana saja.
Oleh karena itu, saya memilih buku ini sebagai bahan laporan buku saya dengan harapan dapat dijadikan bahan referensi buku bacaan untuk semua kalangan. 

II.                  Sinopsis Buku Ayo Marah
Ternyata marah sangat sering kita alami dan bahkan kita lakukan. Buku ini membahas dengan lengkap dan tuntas mengapa kita marah dan bagaimana mengatasi kemarahan yang meluap – luap. Marah masih wajar jika dilakukan pada saat yang tepat dan cara yang benar.
Isi buku ini antara lain :
1.      Mengenali dan memahami penyebab timbulnya marah
2.      Meminimalisir rasa bersalah akan kebiasaan marah
3.      Mengendalikan marah negatif
4.      Memilih saat dan cara yang tepat untuk marah
5.      Marah dengan benar dan efektif
Dari buku Ayo Marah ini kita dapat mempelajari bahwa ternyata naluri untuk marah pun harus dibatasi, diatur dan diarahkan. Marahlah karena memang harus marah dan sudah waktunya marah. Bukan marah karena sekedar ingin marah. Kita akan lihat bahwa ternyata sebuah kemarahan yang tidak dikendalikan akhirnya justru akan membawa keburukan.

III.                Komentar Penulis
Ibu Irawati Istadi adalah seorang penulis buku Ayo Marah sekaligus pembicara dalam berbagai seminar dan pernah menjadi seorang pendidik khususnya guru TK. Seperti halnya kebanyakan orang, ibu Irawati juga merasa tidak mudah untuk bisa mengendalikan emosi dan berujung kemarahan.  Beliau pun berpendapat bahwa ternyata marah yang terlalu emosional dan tak terkontrol akan memberikan dampak negatif. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak boleh marah, karena  marah itu tetaplah wajar dialami setiap orang. Bahkan, dalam kondisi tertentu marah menjadi satu hal yang seharusnya dilakukan. Untuk itu di dalam buku ini, ibu Irawati menjelaskan bahwa tidak ada salahnya untuk marah, tetapi hanya mengingatkan untuk memilih waktu dan cara yang tepat untuk marah.

IV.                Kesimpulan
Setiap manusia memiliki emosi, salah satunya adalah emosi marah. Emosi marah bisa menjadi hal positif, bisa pula negatif. Emosi marah yang positif adalah ketika memperjuangkan sesuatu. Misalnya marah pada saat harga diri seseorang tersinggung, saat haknya direbut dan kebebasannya dirampas. Dengan memiliki marah seperti inilah manusia bisa melindungi dirinya dan berupaya menyelamatkan dirinya dari penindasan. Semoga buku ini dapat membantu kita untuk menyikapi emosi diri kita dan meminimalisir kemarahan kita. Juga dapat membantu kita untuk marah yang benar dan efektif.

0 komentar:

Posting Komentar